Rabu, 01 Agustus 2012

MANFAAT LINTAH UNTUK KESEHATAN,,

MANFAAT LINTAH UNTUK KESEHATAN

minyak lintah kalimantan

Lintah, hanya dengan mendengar namanya saja bisa membuat banyak orang merinding. Lintah ini dianggap sebagai hewan yang menjijikkan, mungkin karena warnanya yang gelap dan menyeramkan. Namun dibalik tampilannya itu, lintah ternyata memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Lintah banyak dihindari orang, karena hewan ini punya kebiasaan menghisap  darah , entah itu hewan lain atau Manusia sekalipun. Lintah banyak hidup di persawahan dan takungan air. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati ketika berada pada genangan air, rawa atau sungai. Jika lintah sudah menghisap darah Anda, maka ia tidak akan lepas walau Anda berusaha mencabutnya sekuat tenaga. Lintah akan melepaskan diri ketika ia sudah merasa puas menghisap darah korbannya, ketika tubuhnya menggelembung penuh dengan darah mangsanya.
Jika lintah menghisap darah Anda, jangan ditarik. Hewan ini walau badannya putus, ia tidak akan mati. Potongan tubuh yang terputus akan menjadi lintah baru. Jadi yang harus Anda lakukan adalah cepat mengambil abu rokok atau Alkohol lalu taburkan. Dengan menaburkan abu rokok atau alkohol, maka si lintah akan mati.
Tapi jangan keburu menganggap lintah hanya sebagai hewan yang tidak berguna. Karena ternyata hewan ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit. Lintah mengandung Protein di dalamnya dan zat anti pembeku darah, zat yang sering disebut Hirudinea atau hemaphilin secara ilmiah ini, memiliki khasiat utama mencegah zat-zat pembeku darah.
Lintah yang hidup dapat mengobati gatal-gatal dan kudis-kudis yang sukar sembuh dengan menghisap bagian tubuh yang sakit. Nyeri sendi juga bisa diatasi dengan menggunakan lintah. Nyeri akibat radang sendi pada lutut yang kadang membuat si penderita kesulitan bergerak, dapat diatasi dengan mengambil manfaat lintah dalam kemampuannya menghasilkan zat yang menyerupai morfin (alkaloid analgesik), pereda nyeri paling ampuh.
Selain itu, lintah juga rupanya mampu menghasilkan zat antikoagulan. Sebuah zat yang membantu melancarkan aliran darah. Air liur hewan ini dapat dijadikan minyak obat. Minyak lintah sangat baik dan bermanfaat bagi kesehatan karena dapat mengendalikan trombosit, semacam gumpalan darah yang menghambat jalannya aliran darah. Dalam ilmu kedokteran, lintah sering digunakan ketika sedang melakukan operasi saraf-saraf kecil, yang bertujuan agar aliran darah yang tersumbat dapat kembali normal.
Penyakit jantung dan diabetes juga dapat dicegah dengan menggunakan lintah. Dua penyakit tersebut disebabkan karena pola hidup tidak sehat yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Banyak terapi yang dilakukan dengan menggunakan lintah, terapi menggunakan hisapan lintah ini terbukti dapat menyembuhkan penyakit kronis dan juga meningkatkan stamina tubuh.
Bahkan konon katanya, minyak lintah mampu untuk meningkatkan keperkasaan pria. Lintah dipercaya mampu memperbesar penis, beberapa daerah di Indonesia memiliki ritual dengan menggunakan lintah untuk para bujangan beberapa hari sebelum menikah. Bubuk yang berasal dari lintah kering juga biasa digunakan sebagai bahan pelengkap untuk membuat kosmetik.
Lintah dulu banyak disingkirkan orang karena dianggap sebagai binatang pengganggu. Sekarang, orang berbondong-bondong mencari lintah untuk dibudidayakan dan dimanfaatkan khasiatnya untuk kesehatan.


katagori link terkait:

minyak lintah asli|budidaya jamur tiram putih|minyak buah ulin| sasirangan kalimantan||sarang semut|batu permata martapura| empedu kobara|budidaya jamur lingzhi|tukang taman minimalis|tanah kavling kalimantan|

Tidak ada komentar:

Posting Komentar